Friday, January 29

gue akan mengeluarkan unek2 gue di sini selama kurang lebih 2 minggu lah gue pendem, maaf kalo rada panjang post kali ini dan isinya huruf semua

yah seperti yg gue bilang di post gue sebelumnya, sekolah gue mau ngadain pensi. dan secara kebetulan atau gimana gue ga ngerti, gue dipilih jadi panitia bagian koor danus. bagi yg belom tau danus itu apa, danus atau dana usaha itu tugasnya nyari duit, nyari dana, nyari sponsor, pokoknya semua yg berhubungan dengan duit tapi kita ga megang duit beda sm bendahara. secara kasar itu tugas danus. dan gue ga sendirian, gue punya partner sesama koor danus, indah, yg lebih berpepngalaman berorganisasi krn dia osis dan jg gue punya panitia danus 8 org yg gw yakin selalu siap ngebantu gue atau ngebantu yg lain.
pertama gue dikasih undangan buat ikut rapat resmi, di situ ada nama gue dan jabatan gue. koordinator danus. gue speechless, gue kira gue mau ditaro di phd. seketika itu juga gue nyamperin bph minta ganti jabatan (ke phd) soalnya bph yg ngurusin pembentukan panitia, panitianya itu gabungan dari anak2 osis, mpk, dan panitia luar atau bukan mpk dan osis. gue ngadep ke ketua panitia, faisal, ke wakilnya juga, dimas, dan mereka cm blg 'ga bisa ty, kita udah nentuin dan ga bisa di ubah lagi'. yaudahlah gue pasrah
rapat pertama seluruh panitia, kamis minggu lalu. gue ketemu sm sesama panitia danus kita rapat persi, di situ gue udh mulai menyadari, ga gampang jadi danus. gue sama sesama danus musti muter otak gimana caranya nyari dana, nego sm sponsor, dan itu akan berlangsung terus sampe bulan Juni. dan yg ada di otak gue baru ngamen sm jualan bunga buat hr jumat sabtu, sama jualan mknan di sekolah dr senin sampe jumat.
jumat yg harusnya jadi jadwal jualan tb2 semua berantakan, pokoknya berantakan. dan setiap panitia yg gue tanya cm blg 'ya gue ga tau itu urusan danus, lo kan koordinator nya' semua sampe ketua nya. jadi target nyari duit berpuluh puluh juta, nyari sponsor beratus ratus juta semua beban anak danus?
hari jumat itu kita rugi banyak krn kita beli bunga tp ga kejual semua. dan hari sabtu yg gue kira bakalan rame yg dtg ternyata cuma 10 org dan itu lebih parah dr hari jumat, ngamen cm dpt 20ribu. dan hari senin nya, gue yg disalah salahin sm anak2
istirahat kedua, gue ngadep bph, gue mengundurkan diri dari panitia.
terus gue diajak ngmng sm koordinator acara, vicky, dia jg salah satu org yg ngebentuk panitia. dia blg gini "kalo lo mau ngundurin diri gue juga mau ty, semua jg mau ngundurin diri. skrg gue tanya, siapa sih yg mau jadi panitia di bebanin tugas segini banyak? ga ada ty, kalo di suruh milih mending gue beli tiket aja ntr tinggal nonton drpd repot2 ngurusin acara"
gue diem aja selama vicky ngomong
"tapi ya kan sekarang lo udh dipilih, anak2 milih lo juga ga sembarangan ty, mereka tau lo mampu makanya mereka milih elo, mereka percaya sama lo. lo udah ga bisa ngundurin diri sekarang"
terus sambil manyun2 gue bilang "abisnya vik kmrn gue tanyain, sampe elo gue tanyain 'baiknya gmn ni hari ini?' semua blgnya apa? 'terserah danus' 'urusan danus' 'lo kan koordinator nya jadi lo yang ngurusin' yaelah vick, gue kan cuma minta pendapat gue juga ga bisa kerja sendiri kali masa semua yg berhubungan sama nyari duit gue yg handle, terus giliran gagal gue yg disalah2in, kan bete"
terus vicky malah ketawa "hahahaha elah kmrn anak2 becanda kali ty, semua pasti bantu danus lah, semua nyari duit. kmrn emang mendadak aja kurang persiapan jadi berantakan. kita juga kurang konfirmasi"
terus romi nimbrung "kalo mau pada dtg pake sistem keras aja, lo bikin peraturan ty ntr yg ga naatin kasih sangsi. emang musti kasar biar jalan."
akhirnya gue ngobrol2 deh tu di kantin dan keputusan terakhir, gue ga jadi berenti dari panitia.
pulang sekolah hari itu juga gue bikin rapat sama danus, kita bikin peraturan, kita nentuin waktu2nya juga, pendek kata semua ada peraturannya.
kamis kmrn kita rapat lagi seluruh panitia, di situ gue ngumumin peraturan2 danus. dan di situ lagi lagi ada masalah. masalah biasa yg emang pst ada di setiap organisasi, beda pendapat
ini yg dari lama ganjel di pikiran gue, gue kerja sama temen gue sendiri, sama anak2 yg tiap hari main sama gue, bahkan banyak yg satu kelas sama gue. terus sekarang gue disuruh ngebuat peraturan yg gue tau, pasti di tentang sama temen2 gue. tapi di satu sisi gue didesek buat bikin peraturan yg emang harus gue bikin kalo engga ya target kita ga bakal dapet. misalnya ni gue ngomong sama temen gue 'eh lo jualan ga?' terus temen gue bilang 'engga ah males' masa iya gue marahin? masa iya gue bentak2? dia temen gue gitu gue ga mungkin marahin temen gue sendiri. dan jalan keluar biar kata2 kayak gitu ga keluar ya cuma bikin peraturan yg harus diikutin sama semuanya. tapi tetep aja, ga semua peraturan bisa di setejui, salah satu nya ya peraturan danus.
jujur, gue sempet rada sewot di rapat kemaren. gue ngomong di depan aja sampe pusing, gmn ya, lo pernah ngerasain ga si lo ngomong sampe jantung lo tu debar kenceng banget terus lo pusing serasa mau meledak saat itu juga. itu gue pas ngomong di depan, bukan lebay tapi di saat2 tertentu gue emang sering kayak gini, biasanya kalo gue udh kesel mau marah tapi ga bisa. gue ngomong sempet rada ga enak waktu itu, jadi gimana ya gue ngejelasin terus dimas jadi penengah nya ibarat nya moderatornya lah jadi emang dia yg lebih banyak ngomong, gue diem aja, tapi kdg ditengah2 gue tu suka ngomong dan itu tu rada ga enak omongannya.
pas udah selesai, jadi gue yg ga enak sendiri sama temen2 gue, terus kepikiran deh, terus gue bete deh. tapi terus gue mikir lagi, terus gue musti gimana? astaga...
susahnya kerja sama temen sendiri ya kayak gitu, kalo udah kayak gitu kan jadi ntr suasana kedepannya yg ga enak. gue sendiri si sebenernya cuma kayak gitu kalo lagi berhubungan sama pensi, selesai itu si gue balik lagi santai, diluar itu tu gue bener2 santai deh ketawa2 doang kerjaannya. gue sendiri juga bingung, kenapa kalo berhubungan sama pensi gue jadi serius banget bener2 ga bisa di ajak main2.
abis gimana ya, kita panitia ada sekitar 75 org. 75 org yg punya kepribadian yg beda2, latar belakang yg beda2, sifat yg beda2, dan pastinya pendapat yang beda2 juga. tapi semua itu harus kita jadiin satu ke visi dan misi yang sama, di bagian mana yg gampang?
jumat, yg ga lain adalah hari ini ada yg bakalan turun ke jalan malem ini. cewe2nya juga udh pada megang bunga. besok pagi juga insayaallah kalo ga ada halangan kita turun ke jalan lagi, malemnya juga. semoga semua lancar. tadi sempet kelabakan, ga ada yg beli bunga, rapat brgan sm ekskul sekolah juga jadi ga teratur, ga tau kenapa kalo situasi panik kayak gitu hal kecil jadi besar banget dan semua jadi kalang kabut, perihal ga bisa noa di sekolah aja jadi masalah. pdhl kalo gue pikir2 lagi, tadi itu masalah ga gede2 bgt.. jalan keluar nya cuma, harus tenang. ya emang kita semua, terutama gue juga harus banyak belajar lg.. gue yakin lah dari pengalaman kyak gini gue bisa belajar banyak
tapi gue yakin kok kita bisa, emang ga gampang waktu juga mepet, tapi bisa. kita kerja ga sendiri kok, kita rame2, kita juga dapet dukungan banyak dimana2, jadi kita pasti bisa
ribut2 dikit mah emang udah pasti, repot juga jangan di tanya, asal jgn sampe veter aja ujung2nya..

saya bercanda

gue yakin pasti bisa, acara kita pasti sukses!
God bless us, yes God will. amen